Thursday 6 October 2016

HUBUNGAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU CAHAYA RABBANI KEPAHIANG



HUBUNGAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU CAHAYA RABBANI KEPAHIANG
SKRIPSI
Diajukan Untuk Memenuhi Syarat-syarat
Guna Memperoleh Gelar Sarjana (S.1)
Pada Ilmu Tarbiyah


 





OLEH:
FAISAL
NIM: 12591148

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) CURUP
2016





ABSTRAK
Faisal, NIM 12591148, : “Hubungan Menghafal Al-Qur’an dengan Kecerdasan Intelektual Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cahaya Rabbani Kepahiang”. Jurusan Tarbiyah dan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup, Skripsi 2016.
Skripsi ini dilatar belakangi oleh tugas dan tanggung jawab seorang muslim terhadap Al-Qur’an yaitu : membaca Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, memahami Al-Qur’an, mengaplikasikan Al-Qur’an dalam kehidupan dan mengajarkan Al-Qur’an, serta melihat hasil dari menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Intelektual, sebagaimana hasil dari observasi yang sudah penulis laksanakan, penulis menemukan beberapa masalah diantaranya, kurangnya minat siswa dalam menargetkan hafalan, selalu bermain saat waktu hafalan dan memiliki nilai rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang yang berjumlah empat puluh sembilan orang Siswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah dua puluh sembilan orang siswa yang dipilih dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes satu sampel untuk variabel X dan variabel Y dan untuk mencari korelasi anatara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus korelasi produck moment kasar.
Dari hasil penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut : tingkat hafalan Al-Qur’an siswa sudah berada pada taraf yang baik yaitu dengan perolehan uji-t yaitu 8,24, begitu juga denga tingkat kecerdasan Intelektual siswa berada pada taraf yang baik dengan perolehan 16,20, dan data yang diperoleh setelah diolah ternyata membuktikan bahwa terdapatnya hubungan yang signifikan positif yang kuat atau tinggi antara menghafal Al-Qur’an dengan Kecerdasan Intelektual siswa dengan perolehan rxy 0,815 yang besarnya berkisar 0,70-0,90 artinya siswa yang giat menghafal Al-Qur’an akan meningkat kecerdasan Intelektualnya.

Kata Kunci : Hubungan, Menghafal Al-Qur’an dan Kecerdasan Intelektual

No comments:

Post a Comment