Wednesday 5 October 2016

PENELITIAN KUANTITATIF PERAN EKTRAKURIKULER OLAHRAGA BELADIRI TAEKWONDO DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN TUBUH SISWA


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Konteks Penelitian
Pembangunan Nasional di bidang pendidikan merupakan usahamencerdasakan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia  Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur. Hal ini sejalan dengan rumusan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi siswa untuk menjadi manusia yang beriman dan takut akan Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.[1]
Kegiatan olahraga merupakan kebutuhan primer untuk mempertahankan eksistensi manusia sebagai sebuah sistem yang sempurna. Olahraga merupakan suatu keharusan dari aspek biologis untuk mengembangkan ketahanan yang bersifat menyeluruh dan bersifat nilai non akademik seperti pembentukan ketrampilan untuk hidup, keterampilan sosial, keterampilan berpikir, serta penghayatan nilai-nilai moral dan estetika.Olahraga merupakan respon budaya dan sekaligus dapat digunakan sebagai koreksi budaya.[2]

Kegiatan olahraga sekarang ini telah benar-benar menjadikan bagian masyarakat kita, baik pada masyarakat atau golongan dengan sosial ekonomi yang rendah sampai yang paling baik. Telah menyadari kegunaan akan pentingnya latihan-latihan yang teratur untuk kesegaran dan kesehatan jasmani dan rohani.
Seseorang melakukan olahraga dengan tujuan untuk mendapatkan kebugaran jasmani, kesehatan maupun kesenangan bahkan ada yang sekedar hobi, sedangkan atlit baik amatir dan profesional selalu berusaha mencapai prestasi sekurang-kurangnya untuk menjadi juara.[3]
Olahraga bertujuan untuk menyehatkan badan, memberikan kebugaran jasmani selama cara-cara melakukannya sudah dalam kondisi yang benar. Olahraga yang disebutkan juga berkenaan dengan olahraga beladiri dimana di dalam bela diri baik itu Taekwondo dan yang lainnya terdapat pertandingan yang menampilkan satu orang dengan orang lain dari kubu yang berbeda.di dalam taekwondo ada namanya tournament. Strategi dan taktik yang digunakan diantara bela diri yang lain adalah relatif sama.[4]

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa, termasuk kegiatan yang dapat menunjang aktivitas belajar siswa dikelas. Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan diluar jam pelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler ini dapat dilakukan disekolah maupun diluar sekolah tergantung dengan kebutuhan dan kesesuaian jenis kegiatan ekstrakurikuler.[5]

Ekstrakurikuler adalah merupakan kegiatan di luar jam pelajaran biasa yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan, menyalurkan bakat danminat siswa.kegiatan olahraga yang di lakukan di luar jam pelajaran tatap muka, dilaksanakan untuk lebih memperluas wawasan atau kemampuan peningkatan dan penerapan nilai pengetahuan dan kemampuan olahraga.
Kegiatan ekstrakurikuler dapat berupa kegiatan pengayaan dan kegiatan perbaikan yang berkaitan dengan tujuan dari ekstrakurikuler yaitu meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek kognitif maupun afektif, mengembangkan bakat serta minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju manusia seutuhnya,dan mengetahui serta membedakan hubungan antara satu mata pelajaran dengan lainnya.[6]

Berdasarkan Obesrvasi di SD ITA, penulis memperoleh permasalahan yang ada mengenai siswa yang memiliki kemampuan motorik yang bermasalah,permasalahan ini sekilas memang tidak terlihat masalah yang berarti, anak tetap bisa beraktifitas seperti anak-anak lainnya. Tapi ketika pelajaran olahraga tiba, anak diminta melakukan kayang, balok titian atau melompat rintangan langsung dirinya mundur, mukanya mendadak pucat pasi, minta izin pada guru untuk kembali kekelas, ada anak yang cengeng apabila sedang melakukan olahraga seperti terkena bola, dan ada juga salah seorang dari mereka yang manjasaat anak di ajak main sepak bola,alasan takut terkena bola dan mudah cengeng saat terkena bola, dan ada juga anak yang fisiknya lemah sehingga tidak berminat atau tidak diizinkan  untuk mengikuti jam olahraga dikarenakan takut berbahaya bagi kondisi tubuhnya, kemudian banyak waktu luang yang tidak digunakan dengan baik.
Sehubungan dengan penjelasan di atas, program sekolah yang membuka ekstrakurikuler olahraga beladiri Taekwondo berupaya dapat meningkatkan ketahanan tubuh agar dapat mengoptimalkan kesehatan siswa, dan dapat membantu membentuk atau memotivasi  pribadi siswa yang berani, serta sehat. Maka peneliti mengambil judul “ Peran Ekstrakurikuler Olahraga Beladiri Taekwondo Dalam Meningkatkan Ketahanan Tubuh Siswa”.
B.     Fokus Penelitian
Berdasarkan penelitian ini memfokuskan penelitian padaperan ekstrakurikuler olahraga beladiri Taekwondo dalam meningkatkan ketahanan tubuh siswadengan tujuan untuk dapat meningkatkan ketahanan siswanya dan dapat mengarahkan pada hal yang posistif serta jauh dari hal-hal yang dapat merusak diri siswa itu sendiri.
C.    Pernyataan Penelitian
Adapun pernyataan ini adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana tingkat ketahanan tubuh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga beladiri Taekwondo?
2.    Bagaimana peran ekstrakuikuler olahraga beladiri Taekwondo dalam meningkatkan ketahanan tubuh siswa ?
D.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Tujuan umum
Tujuan umum pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran ekstrakurikuler olahraga beladiri taekwondo dalam meningkatkan ketahanan tubuh siswa.
2.    Tujuan khusus
a. Untuk mengetahui tingkat ketahanan tubuh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga beladiri Taekwondo.
b.Untuk mengetahui peran ekstrakuikuler olahraga beladiri Taekwondo dalam meningkatkan ketahanan tubuh siswa.
E.     Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
1.    Bagi penulis, untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan untuk mengetahui peran ekstrakurikuler olahraga beladiri taekwondo dalam meningkatkan ketahanan tubuh siswa.
2.    Bagi Guru Pembimbing, sebagai masukan, acuan serta landasan untuk meningkatkan pemahaman.
3. Bagi siswa, siswa dapat mengetahui peran ekstrakurikuler olahraga beladiri taekwondo dalam meningkatkan ketahanan tubuh siswa.
4. Bagi sekolah, hasil penelitian diharapkan memberikan sumbangan yang nyata terhadapperan ekstrakurikuler olahraga beladiri taekwondo dalam meningkatkan ketahanan tubuh siswa.
5. Bagi perkembangan PGMI, Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan penelitian dimasa mendatang untuk diperdalam lebih lanjut sehingga menjadi masukan untuk Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah.



[1] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung : Citra Umbara, 2003), h. 7 
[2] Samsudin, Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, (Jakarta : Cetakan Pertama, 2008), h. 12
[3] Mentaridona.hol.es, Olahraga Category Manfaat, mentaridona.hol.es, Tanggal 27 April 2016
[4] Agus Mukholid, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, (Perpustakaan Nasional : Cetakan kedua, 2007), h. 111
[5]Joko Supriyanto, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, (PT Tiga Serangkai Mandiri, 2015), h. 3
[6] Yudha Saputra. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler, (Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994), h. 12

No comments:

Post a Comment