HUBUNGAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA KELAS
IV DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU CAHAYA RABBANI KEPAHIANG
SKRIPSI
Diajukan
Untuk Memenuhi Syarat-syarat
Guna
Memperoleh Gelar Sarjana (S.1)
Pada
Ilmu Tarbiyah
OLEH:
FAISAL
NIM:
12591148
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) CURUP
2016
ABSTRAK
Faisal, NIM 12591148, : “Hubungan
Menghafal Al-Qur’an dengan Kecerdasan Intelektual Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar
Islam Terpadu Cahaya Rabbani Kepahiang”. Jurusan Tarbiyah dan Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Curup, Skripsi 2016.
Skripsi
ini dilatar belakangi oleh tugas dan tanggung jawab seorang muslim terhadap
Al-Qur’an yaitu : membaca Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, memahami Al-Qur’an,
mengaplikasikan Al-Qur’an dalam kehidupan dan mengajarkan Al-Qur’an, serta
melihat hasil dari menghafal Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Intelektual,
sebagaimana hasil dari observasi yang sudah penulis laksanakan, penulis
menemukan beberapa masalah diantaranya, kurangnya minat siswa dalam menargetkan
hafalan, selalu bermain saat waktu hafalan dan memiliki nilai rendah.
Penelitian
ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah Siswa
Kelas IV SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang yang berjumlah empat puluh sembilan
orang Siswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah dua puluh sembilan
orang siswa yang dipilih dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis
data yang digunakan adalah t-tes satu sampel untuk variabel X dan variabel Y
dan untuk mencari korelasi anatara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus
korelasi produck moment kasar.
Dari
hasil penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut : tingkat hafalan Al-Qur’an
siswa sudah berada pada taraf yang baik yaitu dengan perolehan uji-t yaitu
8,24, begitu juga denga tingkat kecerdasan Intelektual siswa berada pada taraf
yang baik dengan perolehan 16,20, dan data yang diperoleh setelah diolah
ternyata membuktikan bahwa terdapatnya hubungan yang signifikan positif yang
kuat atau tinggi antara menghafal Al-Qur’an dengan Kecerdasan Intelektual siswa
dengan perolehan rxy 0,815 yang besarnya berkisar 0,70-0,90 artinya siswa yang
giat menghafal Al-Qur’an akan meningkat kecerdasan Intelektualnya.
Kata Kunci : Hubungan, Menghafal Al-Qur’an dan
Kecerdasan Intelektual
No comments:
Post a Comment